VI.1 aplikasi-aplikasi Siklus
Produksi
Siklus
hidup produk manajemen
(atau PLCM) adalah
suksesi strategi yang digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan
melalui siklus hidup-nya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan, saturasi)
perubahan dari waktu ke waktu dan harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap
suksesi nya.
Siklus
hidup produk (PLC)
Seperti manusia, produk juga memiliki busur. Dari lahir sampai mati, manusia
melewati berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan, penurunan
dan kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal produk. Siklus
hidup produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan disiplin profesional
banyak, dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan proses. Siklus hidup
produk (PLC) harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk di pasar sehubungan
dengan bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah penjualan. Untuk mengatakan
bahwa suatu produk memiliki siklus hidup adalah untuk menegaskan tiga hal:
·
Produk memiliki hidup yang terbatas,
·
Penjualan
produk melalui tahap yang berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda
berpose, peluang, dan masalah kepada penjual,
·
Produk
memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan
strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus hidup.
Empat tahap utama siklus hidup
produk dan karakteristik yang menyertainya adalah:
1.
Pasar tahap pengenalan
·
biaya sangat tinggi
·
penjualan lambat untuk memulai
·
sedikit atau tidak ada persaingan
·
permintaan harus dibuat
·
pelanggan harus diminta untuk
mencoba produk
·
membuat uang pada tahap ini
2.
Pertumbuhan tahap
·
mengurangi biaya karena skala
ekonomi
·
volume penjualan meningkat secara
signifikan
·
mulai meningkat
·
meningkatkan kesadaran publik
·
kompetisi mulai meningkat dengan
pemain baru dalam membangun pasar
·
persaingan yang meningkat
menyebabkan penurunan harga
3.
Kematangan tahap
·
biaya diturunkan sebagai akibat dari
volume produksi meningkat dan mengalami efek kurva
·
puncak volume penjualan dan
kejenuhan pasar tercapai
·
peningkatan pesaing memasuki pasar
·
harga cenderung turun karena
proliferasi produk yang bersaing
·
merek dan diversifikasi fitur
ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan pangsa pasar
·
Keuntungan industri turun
4.
Tahap penurunan
·
biaya menjadi kontra-optimal
·
penurunan volume penjualan
·
harga, mengurangi profitabilitas
·
keuntungan menjadi lebih tantangan
produksi / distribusi efisiensi dari penjualan meningkat
6.2 aplikasi-aplikasi Siklus
keuangan
Manajemen keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini
digunakan untuk mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka -
rencana yang realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang paling efisien
untuk mencapai tujuan. Rencana ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang
memberikan sumber daya untuk setiap aktivitas - penyusunan anggaran akan
memberikan informasi tambahan tentang setiap aktivitas yang dapat menyebabkan
rencana harus diubah. Ketika ini bagian dari siklus selesai, akan ada anggaran
singkat yang mengalokasikan sumber daya untuk setiap aktivitas. Tujuannya
adalah untuk membuat anggaran yang akan sedekat mungkin dengan operasi proyek
yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan
laporan pada semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi
organisasi formal yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen
akuntansi dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek,
manajer transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama
fase ini manajer terus menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil
aktual dari akuntansi. Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen
dalam proyek untuk menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi
akan menghasilkan serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan
ini akan dimasukkan ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan
informasi berharga untuk membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan.
No comments:
Post a Comment
Masukan Komentar Anda..